Konsultasi dengan Konsultan Sekolah Pilot, Apa Pentingnya?

Konsultasi dengan Konsultan Sekolah PilotSekolah pilot, salah satu sekolah yang dipandang prestisius oleh banyak orang. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa masuk ke sekolah pilot pasca lulus dari jenjang pendidikan setingkat SMA (minimal berusia 17 tahun). Ini yang menjadi alasannya: biaya pendidikan di sekolah pilot terbilang mahal lebih kurang 600 jutaan (tapi biaya pendidikan ini bisa dicicil selama masa pendidikan), ada biaya pendaftaran sekitar 7 sampai 13 jutaan biasanya sudah termasuk MedEx, TOEIC, dan psikotes (umumnya tidak dikembalikan kalau tidak lolos, tapi bisa diulang tes yang tidak lolos), dan setelah lulus berpeluang untuk langsung bekerja di airline meski belum langsung menjadi pilot tapi menjadi second officer terlebih dahulu. Berencana masuk sekolah pilot? Disarankan untuk konsultasi dengan konsultan sekolah pilot. Apa pentingnya?

Mendapatkan informasi tentang sekolah tujuan

Kalau kamu sudah punya rencana masuk sekolah pilot, pasti ada sekolah pilot yang jadi tujuan kamu nantinya, bukan begitu? Terkadang, informasi yang kamu dapatkan tentang sekolah pilot tujuan tersebut sangat minim sehingga masih ada keraguan untuk memilihnya. Dengan konsultasi ke konsultan sekolah pilot, kamu bakal dapatkan informasi yang lebih detail tentang sekolah pilot tujuan. Misalnya mengenai 2 informasi berikut yang sangat menunjang waktu kelulusan kamu:

  • Bandara tempat latihan terbang. Apakah sekolah pilot tujuan punya bandara tempat latihan terbang sendiri, shared dengan sekolah pilot lain, atau justru shared dengan pesawat komersil? Kalau konsultan pendidikan memberikan informasi bahwa sekolah pilot tujuan tidak punya bandara tempat latihan sendiri, sebaiknya pikirkan lagi. Selain akan mengeluarkan biaya transportasi ke bandara tempat latihan, berbagi tempat latihan terbang bakal buat kamu lambat lulus bahkan jam terbang yang kamu dapatkan bisa tidak utuh.
  • Pesawat latih. Berapa pesawat latih yang dimiliki sekolah pilot tujuan? Idealnya, perbandingan antara pesawat latih dengan siswa adalah 1:5. Kalau konsultan pendidikan menginformasikan total pesawat latih sekolah pilot tujuan terbatas, sebaiknya jangan dipilih. Kalau sudah begitu, kamu harus mengantri untuk mendapatkan latihan penerbangan dengan pesawat sungguhan. Alhasil, waktu kelulusan lebih lama.

Mendapatkan rekomendasi sekolah pilot terbaik

Apabila sekolah pilot tujuan ternyata banyak memiliki kelemahan, konsultan sekolah pilot tentunya bakal memberikan rekomendasi sekolah pilot lainnya yang dianggap terbaik (bisa disesuaikan dengan kondisi ekonomi, kemampuan akademik, keinginan kamu, atau kebaikan kamu pasca menjadi lulusan). Misalnya, dari sisi banyaknya cicilan biaya pendidikan yang ditawarkan yang mana bisa dicicil sebanyak 15 kali sebelum menyelesaikan masa pendidikan, biaya pendaftarannya gratis, kurang dari 1 tahun belajar karena fasilitasnya memadai, rata-rata 97% lulusannya telah bekerja, ada program MER (Multi Engine Rating) yang bisa tidak di-training lagi saat melamar kerja, tidak ada tes akademik, tidak mesti dari jurusan IPA, dan lain sebagainya.

Memahami syarat sekolah pilot

Syarat-syarat masuk sekolah pilot belum terlalu jelas? Tanyakan ini pada konsultan sekolah pilot. Biasanya konsultan sekolah pilot bekerjasama dengan banyak sekolah pilot sehingga informasi yang didapatkan lebih valid. Secara umum, berikut beberapa syarat masuk sekolah pilot:

  • Berusia minimal 17 tahun & maksimal 35 tahun atau telah lulus dari SMA/sederajat. Meski sudah menikah tidak masalah.
  • Punya tinggi badan minimal 160 cm untuk pria atau wanita.
  • Punya badan sehat tepatnya tidak punya penyakit jantung, epilepsi, & buta warna. Untuk penyakit lainnya, masih berpeluang diterima. Kalau punya mata minus gak masalah, batas maksimalnya minus 3 (tapi disarankan operasi LASIK dahulu). Untuk silinder batasnya 1.
  • Punya kemampuan bahasa Inggris. Kalau masih standar disarankan untuk mengikuti kursus terlebih dahulu.
This entry was posted in Sekolah Pilot and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *