Informasi Penting bagi Kamu yang Ingin Jadi Penerbang

Cita-cita adalah impian, butuh usaha yang besar untuk menggapainya. Bangga dan bahagia tentu dirasakan bila mampu mencapai cita-cita yang diharapkan. Salah satunya menjadi seorang penerbang, suatu profesi yang sangat diminati oleh banyak orang dan termasuk populer di dunia. Banyak hal yang menjadi keunggulan dari profesi tersebut, tak hanya dapat keliling dunia dan mendapat fasilitas secara gratis tetapi juga punya penghasilan yang cukup tinggi. Di tambah lagi pendidikannya yang amat singkat, berkisar hingga 1,5 tahun. Namun, tidak semua orang bisa meraih profesi ini, boleh dikatakan jangan terlalu besar harapan untuk bisa lolos dan masuk sekolah penerbangan. Tidak hanya berlaku di sekolah penerbangan negeri tetapi juga swasta. Hal ini dikarenakan banyaknya pelamar yang harus gugur karena melebihi kuota penerimaan. Namun demikian, bukan berarti harus putus asa dan lebih memilih mundur sebelum perang.

Penerbang

Well, untuk kamu yang bercita-cita menjadi penerbang, ada baiknya ketahui terlebih dahulu informasi penting di bawah ini, bisa menjadi tips agar bisa lolos seleksi dapat pula menjadi gambaran tentang masa depan penerbang.

Persyaratan

Persyaratan masuk sekolah pilot tidak jauh berbeda dengan akademi atau sekolah tinggi kedinasan yang bernaung di bawah kementerian pendidikan, perindustrian, perhubungan, dan lain sebagainya yakni dari segi usia, kondisi kesehatan, dan pendidikan. Usia jelas ditetapkan untuk memungkinkan para siswa dapat menerima dan memperoleh pembelajaran secara maksimal seperti halnya paling minimal 17 tahun. Sementara riwayat kesehatan juga sangat menentukan apakah cadet bisa diterima atau tidak sehingga nantinya dapat melakoni profesinya dengan baik. Jika mengalami banyak masalah, misalnya mata minus, gigi berlubang,  tinggi & berat badan tidak sesuai, dan berbagai persoalan lainnya maka hal ini perlu dilakukan penanganan terlebih dahulu supaya bisa lulus. Yang terakhir ialah riwayat pendidikan calon penerbang. Utamanya mesti berasal dari SMA dengan jurusan IPA atau SMK penerbangan agar sedikit banyaknya telah memiliki pengetahuan seputar penerbangan. Terlebih untuk sekolah pilot negeri, umumnya dipersyaratkan dengan jurusan IPA. Nah, bila ingin mencapai cita-cita sebagai pilot, upayakan mengambil jurusan IPA sewaktu duduk di bangku SMA.

Peluang kerja

Apapun sekolah yang ditekuni tujuannya adalah karir yang ingin dicapai. Dalam dunia penerbangan peluang kerja relatif besar karena setiap tahun dunia membutuhkan pilot. Banyaknya didirikan maskapai penerbangan baru dan meningkatnya ekonomi masyarakat menjadi alasan mengapa kesempatan kerja terbuka luas. Namun, perlu diketahui bahwa lulus dari sekolah pilot tidak ada jaminan untuk langsung bekerja di airline. Dengan kata lain, harus memasukkan lamaran terlebih dahulu dan mampu melewati proses seleksi dengan para pesain lainnya. Jika tidak tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh maskapai penerbangan, maka akan dinyatakan gugur atau tidak diterima.

Resiko

Meski gaji pilot terdengar menggiurkan yang mencapai puluhan juta rupiah per bulan dan bisa keliling dunia secara gratis, akan tetapi profesi pilot memiliki resiko yang amat besar. Pilot yang memiliki jam terbang tinggi memang bisa naik jabatan, namun akibatnya rentan terkena kanker kulit dan dehidrasi karena kondisi cuaca. Selain itu pula, banyak resiko dalam penerbangan seperti cuaca buruk, turbulensi pesawat, dan lain sebagainya yang bahkan bisa membahayakan keselamatan tak hanya pada dirinya sendiri tetapi juga kru pesawat dan para penumpang.

Itulah hal-hal seputar dunia penerbangan yang wajib diketahui oleh calon pilot. Setiap profesi tentu punya resiko, untuk itu cita-cita yang ditanam mesti dari kemauan sendiri bukan dari paksaan orang lain agar bisa menjalaninya dengan nyaman.

This entry was posted in Pilot and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *